fbpx
Silaturahmi Akbar bersama Tokoh Masyarakat Panawuan

Silaturahmi Akbar bersama Tokoh Masyarakat Panawuan

Acara silaturahmi pondok pesantren yadul ulya dengan tokoh Masyarakat kampung panawuan pada tanggal 16 November 2019 berjalan dengan lancar, acara dimulai dari pukul 16.00 hingga pukul 17.30 WIB dan mendapat respone positif dari masyarakat sekitar. Pada awal acara, dimulai dari sabtutan dari ketua pembina Yayasan Tahfidz Garut, Muhammad Angga Tirta Widya beliau menyampaikan bahwa acara ini diselenggarakan dengan beberapa tujuan, diantaranya:

  1. Sebagai perkenalan dari kami, sebagai lembaga pendidikan berbentuk pesantren yang hadir dilingkungan sekitar bapak/ibu. Kami ingin lebih mengenalkan apa itu pesantren yadul ulya. Pesantren ini didirikan oleh 4 orang yang mempunyai latar belakang yang berbeda. Dari 4 orang ini ada yang berasal dari muhammadiyah, persis dan nahdiyin. Latar belakang yang berbeda ini di satukan oleh satu visi yang sama yaitu ingin menjadi jalan perbaikan umat melalui pendidikan berbasis qur’an. kami fokus pada hal yang menyatukan kerja dakwah, kerja amal, kerja untuk agama dan kerja untuk umat dan semoga Allah SWT meridhoi dan memberikan kepada kami hari yang ikhlas berjuang hanya untuk meraih kedudukan yang mulia di sisi Allah. Yadul Ulya diharapkan menjadi pesantren lintas manhaj, lintas komunitas, lintas pemikiran, bahkan semoga menajdi tempat pemersatu umat tanpa melihat latar belakang perbedaan. Kami bercita-cita, yadul ulya menjadi tempat ternyaman bagi semua umat islam tanpa melihat organisasi mana dia berasal. Itu sebabnya dipesantren ini tidak ada samsa sekali debat tentang perbedaan, kami fokus menjadi solusi. Selain itu di Pesantren Yadul Ulya juga ingin menjadi solusi bagi masyarakat sekitar dengan menyediakan banyak lapangan pekerjaan serta peluang usaha. Dengan dibukanya berbagai bisnis dan usaha pesantren, kami berharap bisa semakin banyak membuka lowongan pekerjaan. Diantara bisnis yang sudah dijalankan adalah, peternakan domba, konveksi baju muslim, air isi ulang untuk terapi kesehatan dan restoran.
  1. Tujuan kedua yaitu berkolaborasi dengan program-program yang bertujuan untuk umat, yaitu:
  • Program ekonomi berupa bantuan usaha, pembukaan lowongan pekerjaan dan lain-lain.
  • Program pendidikan bisa dengan membuat kursus keterampilan menjahit, bertani modern, beternak dan juga pelatihan pengembangan usaha.
  • Program sosial bisa berupa perbaikan sarana umum dianataranya mesjid, pembuatan sumur dan lain-lain
  1. Tujuan ketiga yaitu mengajak semua pihak untuk bekerja sama membangun lingkungan, kemandirian desa, membangun budaya maju di desa tempat kita bersama tinggal. Menjadikan desa panawuan menjadi desa unggulan, unggul dalam melahirkan masyarakat terbaik dimata Allah SWT dan juga desa yang nyaman bagi penghuni juga bagi tamu yang datang, namun tetap menjaga norma kehidupan berdasarkan Qur’an dan Hadits.

Setelah penyampain sambutan dari ketua pembina Yayasan tahfidz Garut, dilanjutkan oleh penyampaian sambutan dari Pimpinan Pondok Pesantren yadul ulya garut, Ust. Salman El-Syifa. Beliau memaparkan beberpa program yang ada di pesantren yadul ulya garut, dan beliau juga meminta bimbingan dari masyarakat sekitar karena pondok pesantren yadul ulya ini masih baru dan minim pengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *